Rabu, 16 November 2016

Resep Kimchi Sederhana ala Korea #16

Hai pencinta masakan korea :) Pasti kalian tau yang namanya kimchi? Hhm mungkin kalian penasaran bagaimana rasanya. Tapi bingung beli dimana? Kalian mau coba caranya buat kimchi? Tapi bingung karena kayaknya susah? Hhmm gampang guys. Yuk ikuti resep Kimchi Sederhana ala Korea by HaniUmi :)

Bahan:
Sawi Putih (1kg)
Wortel (1buah)
Daun bawang (3buah)
Jahe (3cm)
Bawang bombay (1/2buah)
Garam (secukupnya)
Gula (secukupnya)
Minyak ikan (sesuai selera)
Bubuk cabai atau gochujang (red pepper paste korea) (secukupnya)

Bahan sudah siap semua kan? Sekarang yuk ikutin step by step-nya :)
1. Potong sawi sesuai selera, cuci bersih, dan masukkan ke wadah besar dan isi air hingga sawi terendam.
2. Tambahkan garam hingga air rasanya asin, dan diamkan hingga 2 jam. Biasanya sawi akan lebih layu dan volumenya agak berkurang.
3. Setelah 2 jam kamu rasakan sawinya, dan pastikan rasanya sudah terasa asin.
4. Cuci sawi hingga bersih, biasanya aku cuci hingga 3x bilasan untuk memastikannya bersih hehe. Oke sejenak kita lupakan tentang sawinya :)
5. Selanjutnya potong wortel tipis memanjang, daun bawang, dan bawang bombay. Oke diamkan dulu.
6. Jahe diparut.
7. Ambil mangkuk lalu masukka potongan wortel, daun bawang, bawang bombay dan jahe parut.
8. Tambahkan garam, gula, dan sedikit minyak ikan kira-kira 1 sendok teh (kadang aku skip bahan ini karena aku gak suka baunya haha) sesuai selera. 
9. Jika kamu pakai bubuk cabai (tambahkan 5 sendok makan bubuk cabai) atau jika kamu pakai gochujang (kamu ambil 2 sendok makan). Lalu aduk merata.
10. Oke siapkan wadah seperti toples atau wadah tertutup lainnya.
11. Aduk sedikit demi sedikit sawi yang sudah direndam garam dan dicampur dengan bahan yang sudah berbumbu. Masukka sedikit demi sedikit ke toples.
12. Tutup.
13. Tunggu hingga esoknya. Biasanya sudah terfermentasi dengan baik dan mengeluarkan kimchi juice atau air kimchi yang berwarna merah. Aromanya biasanya agak asam dan enak :D
 Nah itu dia kimchi-ku. Sebenarnya itu sudah aku makan hahaha. Dan sudah aku masak untuk kimchi stew (kimchi jiggae) dan ramyeon kimchi. Plus aku pakai side dish ketika aku makan. Jadi untuk sekilo sawi putih ternyata jadinya cuma sepertiga toplesku itu loh :D Tapi itu sudah banyak banget bagi aku yang konsumsi kimchi sendirian :D
Itu dia kenampakan kimchi sederhana ala aku. Itu sudah aku diamkan selama 3 hari. Jadi semakin lama semakin asam, tapi enak loh :D Sebenernya waktu aku bikin kimchi ini aku ngga pakai daun bawang. Lupa beli -___- Jadi mau ngga mau buatnya tanpa daun bawang. Sebenernya ngga apa-apa sih. Memang tergantung selera. Tapi itu aja udah enak banget kok :D
Untuk review gochujang atau red pepper paste-nya aku akan lakukan selanjutnya yaaa :) Jangan lupa untuk cek review yang sudah aku buat yaaa :) Selomat mencoba membuat kimchi :3


Tidak ada komentar:

Posting Komentar